Jumat, 01 Juli 2011

Lakon pendek Samuel Beckett KURSI GOYANG

Lakon pendek Samuel Beckett
KURSI GOYANG

Lampu:
Di atas kursi lemah. Sekitar panggung lain gelap. Cahaya lampu spot lemah di atas wajah konstan terus menerus. Tak berpengaruh oleh cahaya memudar berturut-turut. Baik ketika melebar sampai batas-batas pada kursi atau menyempit hanya terfokus pada wajah ketika sedang diam atau tengah bergerak. Lalu sepanjang narasi wajah sedikit bergoyang keluar masuk cahaya.
Diawali cahaya menegas (Fade up): pertama hanya lampu pudar pada wajah, diam lama, lalu cahaya di atas kursi. Diakhiri cahaya memudar (Fade out): pertama kursi, lama diam dengan titik cahaya hanya pada wajah, kepala pelan-pelan terkulai, dalam istirahat, titik cahaya pudar pada wajah menghilang.
W:
Tua sebelum waktu. Rambut abu-abu tidak disisir, mata besar pada wajah putih tanpa ekspresi. Tangan-tangan putih memegang ujung lengan kursi.

Mata:
Sesekali menutup, membuka tanpa berkedip. Pada bagian 1 proporsi dalam keadaan biasa, pada bagian 2 dan tiga sedikit demi sedikit mengatup, setengah jalan menuju bagian 4 mata tertutup terus.

Busana:
Baju tidur warna hitam leher berenda tinggi. Lengan panjang. Sinar perhiasan berkelip ketika bergoyang. Tudung kepala tipis miring tidak biasa dengan hiasan mewah menangkap cahaya ketika bergoyang.

Sikap:
Tetap diam hingga cahaya menghilang dari kursi. Lalu di dalam cahaya lamu spot kepala pelan-pelan condong.

Kursi:
Kayu politer pucat berkilat ketika bergoyang. Penunjang kaki. Belakang vertical. Lengan-lengannya menikung bulat ke dalam, member kesan memeluk.

Goyangan:
Ringan. Pelan. Terkontrol secara mekanis tanpa bantuan dari w.

Suara:
Menjelang akhir bagian 4, katakana saja mulai dari kata-kata “berkata pada diri sendiri” dan seterusnya, berangsur-angsur melembut. Baris-baris dengan huruf miring diucapkan oleh w dan v. lebih melembut setiap waktu. W menyuarakan kata “lagi” sedikit melembut setiap waktu.

W: Perempuan di kursi
V: Suara w yang direkam
Cahaya yang menegas pada w dikursi goyang menghadap depan bawah panggung sedikit kurang ke tengah sebelah kiri penonton.

W: Lagi (Diam. Goyang dan suara bersama-sama)
V: sampailah akhirnya
Harinya datang
Pada akhirnya datang
Akhir sebuah hari yang panjang
Ketika dia berkata
Pada diri sendiri
Untuk siapa lagi
Waktu dia hentikan
Waktu dia hentikan
Mondar-mandir
Kian kemari
Seluruh pandangan
Seluruh sudut pandang
Di manapun
Untuk yang lain
Yang lain seperti dirinya
Mahluk lain seperti dirinya
Sedikit serupa
Mondar-mandir
Seluruh pandangan
Seluruh sudut pandang
Di manapun
Untuk yang lain
Sampai akhirnya
Akhir sebuah hari yang panjang
Untuk diri sendiri
Untuk siapa lagi
Waktu dia hentikan
Waktu dia hentikan
Ke sana-ke mari
Seluruh pandangan
Seluruh sudut pandang
Di manapun
Untuk yang lain
Mahluk hidup lain
Kesana kemari
Seluruh pandangan seperti dirinya sendiri
Seluruh sudut pandang
Di mana pun
Untuk orang lain
Yang lain seperti dirinya sendiri
Sedikit serupa
Ke sana-ke mari
Sampai akhirnya
Akhir hari yang panjang
Untuk dirinya
Untuk siapa lagi
Waktu dia hentikan
Waktu dia hentikan

(Bersama-sama: gema “waktu dia hentikan” menghentikan goyangan, cahaya meredup. Diam. Lama)

W: Lagi (Diam. Goyangan dan suara bersamaan)

V: Begitulah pada akhirnya
Akhir hari yang panjang
Kembali masuk
Akhirnya kembali masuk
Berkata pada dirinya sendiri
Pada siapa lagi
Waktu dia hentikan
Waktu dia hentikan
Ke sana-kemari
Waktu dia pergi dan duduk
Di jendelanya
Diam di jendela
Berhadapan jendela-jendela lain
Demikian pada akhirnya
Akhir hari yang panjang
Pada akhirnya pergi dan duduk
Kembali masuk dan duduk
Di jendelanya
Mengangkat kerai dan duduk
Diam di jendelanya
Hanya jendela
Berhadapan jendela-jendela lain
Hanya jendela-jendela lain
Seluruh pandangan
Seluruh sudut pandang
Di manapun
Untuk yang lain
Di jendelanya
Yang lain seperti dirinya
Sedikit serupa
Mahluk hidup lain
Satu mahluk hidup lain
Di jendelanya
Masuk ke dalam seperti dirinya
Kembali masuk ke dalam
Sampai akhirnya
Akhir hari yang panjang
Berkata pada diri sendiri
Pada siapa lagi
Dia hentikan waktu
Dia hentikan waktu
Kesana-kemari
Waktunya dia pergi dan duduk
Di jendelanya
Diam di jendelanya
Hanya jendela
Berhadapan jendela-jendela lain
Hanya jendela-jendela lain
Seluruh pandangan
Seluruh sudut pandang lain
Di manapun
Ada yang lain
Yang lain seperti dirinya
Sedikit serupa
Mahluk hidup lain
Satu mahluk hidup lain

(Bersama; gema “Mahluk hidup”, menghentikan goyangan, cahaya meredup. Diam panjang)

W: Lagi (Diam. Goyangan dan suara bersama-sama)

V:sampai pada akhirnya
Harinya datang
Pada akhirnya datang
Akhir hari yang panjang
Duduk di jendelanya
Diam di jendelanya
Satu-satunya jendela
Berhadapan jendela-jendela lain
Hanya jendela-jendela lain
Semua kerai turun
Tak pernah ada yang terbuka
Hanya miliknya yang terbuka
Sampai harinya datang
Sampai pada akhirnya datang
Akhir hari yang panjang
Duduk di jendelanya
Diam di jendelanya
Seluruh pandangan
Seluruh sudut pandang
Di manapun
Pada satu kerai terbuka
Satu terbuka
Tidak lebih
Tak peduli sebuah wajah
Di belakang kaca
Mata nyalang
Seperti dirinya
Melihat
Dilihat
Tidak
Sebuah kerai terbuka
Seperti miliknya
Sedikit serupa
Satu kerai terbuka tidak lebih
Ada mahluk lain di sana
Di suatu tempat di sana
Di belakang kaca
Mahluk hidup lain
Satu mahluk hidup lain
Sampai harinya datang
Pada akhirnya datang
Akhir hari yang panjang
Ketika dia berkata
Pada diri sendiri
Pada siapa lagi
Waktu dia hentikan
Waktu dia hentikan
Duduk di jendelanya
Diam di jendelanya
Hanya jendela
Berhadapan jendela-jendela lain
Hanya jendela-jendela lain
Seluruh pandangan
Seluruh sudut pandang
Di mana-mana
Waktu dia hentikan
Waktu dia hentikan

(Bersama; gema “waktu dia hentikan” menghentikan goyangan, cahaya meredup)

W: Lagi (Diam. Goyangan dan suara bersamaan)

V: Jadi pada akhirnya
Akhir hari yang panjang
Pergi turun
Pada akhirnya pergi turun
Menuruni tangga curam
Kerai diturunkan dan turun
Begitu turun
Ke kursi goyang tua
Kursi goyang Ibu
Di mana ibu bergoyang
bertahun-tahun
Serba hitam
Hitam terindah
Duduk dan bergoyang
Bergoyang
Sampai akhirnya datang
Pada akhirnya datang
Lepas ingatannya mereka bilang
Lepas ingatannya
Tapi tidak bahaya
Tidak membahayakan dirinya
Meninggal suatu hari
Tidak
Malam
Meninggal malam hari
Di kursi goyang
Dengan baju terindah
Kepala terkulai
Dan kursi goyang bergoyang
Menghilangkan goyang
Demikian akhirnya
Akhir hari yang panjang
Turun ke bawah
Pada akhirnya turun ke bawah
Menuruni tangga curam
Menurunkan kerai dan turun
Langsung turun
Menuju kursi tua
Lengan-lengan itu pada akhirnya
Dan bergoyang
Dengan mata tertutup
Mata tertutup
Dia rindukan segenap pandangan
Mata nyalang
Seluruh sudut pandang
Di mana-mana
Ke sana-kemari
Di jendelanya
Melihat
Dilihat
Sampai akhirnya
Akhir hari yang panjang
Untuk diri sendiri
Untuk siapa lagi
Waktu dia hentikan
Menurunkan kerai dan menghentikan
Waktu dia turun
Menuruni tangga curam
Waktu dia pergi langsung turun
Adalah dirinya yang lain
Mahluk hidup dirinya yang lain
Demikian pada akhirnya
Akhir hari yang panjang
Pergi turun
Menurunkan kerai dan turun
Begitu turun
Ke kursi goyang tua
Dan bergoyang
Bergoyang
Pada diri sendiri bilang
Tidak
Selesai sudah
Kursi goyang
Lengan-lengan itu pada akhirnya
Bilang pada kursi goyang
Hentikan goyangannya
Tutup matanya
Masa bodoh kehidupan
Tutup matanya
Hentikan goyangannya
Hentikan goyangannya

(Bersama; gema “hentikan goyangannya” menghentikan goyangan, pelan cahaya meredup/Fade out)


THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar